Pengertian Geografi dan 26 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Geografi

Geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan atau perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik serta manusia yang berada di atas permukaan bumi. Geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘo ("Bumi") dan graphein ("menjelaskan"atau "tuliskan").

Geografi juga dijadikan sebagai nama judul buku yang bersejarah yang terkenal yaitu Geographia tulisan dari Klaudios Ptolemaios pada abad kedua.

Geografi lebih dari sekedar kartografi, studi tentang peta. Geografi bukan hanya menjawab apa dan dimana di atas muka bumi, tetapi juga mengapa di situ, serta tidak di tempat lainnya, kadang dapat diartikan dengan "lokasi pada ruang". Geografi mempelajari hal tersebut, baik yang disebabkan karena alam ataupun manusia. Geografi juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi tersebut.

Pengertian Geografi

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
  1. Erastothenes
  2. Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran tentang bentuk muka bumi

  3. Claudius Ptolomaeus
  4. Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian serta selruh permukaan bumi

  5. Karl Ritther (1859)
  6. Geografi merupakan suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geografi dapat mencakup berbagai macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia itu sendiri juga dibahas.

  7. Lobeck (1939)
  8. Geografi merupakan suatu studi yang membahas tentang hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

  9. Frank Debenham (1950)
  10. Frank Debenham berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang memiliki tugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

  11. Alexander (1958)
  12. Menurut Alexander, Geografi merupakan sebuah studi mengenai pengaruh lingkungan alam terhadap berbagai aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander tersebutlah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik yang terjadi antara aktivitas manusia serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

  13. Hartshorne (1960)
  14. Menurut Hartshorne, Geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

  15. Yeates (1963)
  16. Menurut Yeates, Geografi adalah ilmu yang memperhatikan mengenai perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai macam sifat yang beragam di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan berbagai alasan yang rasional.

  17. Bintarto (1981)
  18. Geografi merupakan studi yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik ataupun yang menyangkut dengan kehidupan makhluk hidup beserta berbagai permasalahannya dengan melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, serta regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

  19. Herioso Setiyono (1996)
  20. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

  21. Halford Mackinder
  22. Menurut Halford Mackinder, Geografi merupakan ilmu yang mempunyai fungsi utamanya guna untuk menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda-beda berdasarkan lokasinya.

  23. Friederich Ratzel
  24. Friederich Ratzel mengemukakan konsep geografi menurut pendapatnya dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep tersebut diberi nama Lebensraum yang memiliki arti bahwa wilayah geografis merupakan sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat bahwa suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya dengan sesuai kekuatan yang negera miliki.

  25. Ullman
  26. Geografi adalah interaksi antar ruang.

  27. Elsworth Huntington
  28. Geografi merupakan sebuah studi mengenai fenomena pemukaan bumi serta penduduk yang menghuninya. Elsworth Huntington menjelaskan terdapat hubungan timbal balik antara gejala sera sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

  29. Immanuel Kant
  30. Geografi adalah sebuah ilmu yang objek studinya adalah berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.

  31. Strabo
  32. Geografi sangat erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu, serta hubungan antar wilayah keseluruhan. Pendapat itu kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place

  33. Ekblaw dan Mulkerne
  34. Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi serta kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, pakaian yang kita gunakan, makanan yang kita konsumsi, rumah yang kita huni, dan tempat rekreasi yang dapat kita nikmati.

  35. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)
  36. Geografi adalah deskripsi serta penjelasan yang menganalisis tentang permukaan bumi dan pandangannya mengenai hal yang selalu berubah dan dinamis.

  37. Paul Vidal de La Blance
  38. Geografi merupakan sebuah studi tentang kualitas berbagai negara, di mana penentuan akan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia dalam mengelola alam.

  39. Haris (2012)
  40. Menurut Haris pada tahun 2012, ia berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang terdapat di permukaan bumi dengan berbagai konsep spesial yang berguna untuk pemanfaatan pembangunan di permukaan.

  41. Preston E. James
  42. Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

  43. Seminar lokakarya IGI di Semarang (1988)
  44. Geografi merupakan suatu Ilmu yang mempelajari tentang persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

  45. Basri Mustofa
  46. Basri Mustofo berpedapat bahwa geografi merupakan sebuah ilmu yang menguraikan mengenai perrmukaan bumi, penduduk, iklim, flora dan fauna, serta berbagai basil-basil yang diperoleh dari bumi.

  47. Daldjoeni
  48. Daldjoeni berpendapat bahwa geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia tentang 3 hal pokok, yaitu spasial atau ruang, ekologi, dan region atau wilayah. Dalam hal spasial (ruang), geografi mempelajari persebaran gejala baik alami maupun manusiawai di muka bumi. Dalam hal ekologi, geografi mempelajari tentang bagaimana manusia harus mampu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region (wilayah), geografi mempelajari tentang wilayah sebagai tempat tinggal manusia dengan berdasarkan kesatuan fisiografinya.

  49. Von Rithoffen
  50. Geografi merupakan studi mengenai gejala serta sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan dengan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik di antara gejala dan sifat tersebut.

  51. Bernhardus Varenius
  52. Dalam karyanya GEOGRAPHIA GENERALIS, dia membagi geografi menjadi 3, antara lain :
    1. Geografi absolute
    2. Geografi relative
    3. Geografi komparatif
Itulah pengertian geografi dan 26 pengertian geografi menurut para ahli lengkap. Dapat disimpulkan dari berbagai pendapat para ahli mengenai pengertian geografi bahwa pada intinya ilmu geografi tersebut terpusat pada gejala geosfer dalam kaitan hubungan persebaran serta interaksi keruangan.

Pada intinya kajian ilmu geografi yang paling utama adalah tentang menelaah bumi dalam konteks hubungannya yang masih berkaitan dengan kehidupan manusia.

Post a Comment