Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Struktur Biografi, Lengkap!

Pengertian Biografi

Pengertian biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang mempunyai arti hidup serta graphien yang artinya tulis. Biografi ialah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang. Singkatnya, biografi dapat diartikan sebagai suatu kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, biografi juga dapat lebih dari 1 buku.

Biografi yang singkat pada umumnya hanya menjelaskan berbagai fakta kehidupan seseorang dan peran penting yang pernah dijalaninya. Biografi panjang dapat berisi informasi-informasi yang sifatnya penting namun dikisahkan secara mendetail dan memiliki gaya penulisan cerita yang baik.

Pengertian biografi adalah sebuah buku yang isinya menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Dengan adanya biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan-tindakan tertentu ataupun misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan penjelasan tentang tindakan atau perilaku yang pernah dialami dalam hidupnya.

Pengertian Biografi

Pengertian Biografi dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tokoh penting dan juga tokoh tidak terkenal sekalipun. Biografi pada umumnya bercerita mengenai tokoh-tokoh sejarah, namun tak jarang juga bercerita tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi sekarang ini ditulis secara kronologis.

Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda, seperti kliping koran, buku harian, surat-surat, dan lain sebagainya. Bahan pendukung dapat berupa buku referensi, biografi lain, sejarah yang memaparkan peranan orang tersebut, dan lain sebagainya. Pengertian biografi adalah kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan yang dialami seseorang yang bersumber pada subjek rekaan ataupun kisah nyata.

Ciri-Ciri Biografi

Ciri-Ciri Biografi
Berikut ciri-ciri biografi :
  1. Biografi berisi dengan berdasarkan informasi fakta dan juga disajikan dalam bentuk narasi.
  2. Faktualnya (fakta) berdasarkan dari pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi.
  3. Biografi mempunyai struktur yang terdiri dari : orientasi, peristiwa atau masalah, dan reorientasi.


4 hal yang harus dicermati dalam menulis teks biografi antara lain :
  1. Judul biografi.
  2. Hal yang mengesankan dan menarik yang akan ditampilkan dalam kehidupan tokoh biografi yang diceritakan.
  3. Hal yang mengharukan dan mengagumkan yang muncul dalam kehidupan tokoh biografi tersebut.
  4. Hal yang dapat menjadi contoh atau panutan dari kehidupan tokoh.

Struktur Teks Biografi

Struktur Teks Biografi
Berikut struktur teks biografi yang terdiri atas orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi.
  1. Orientasi
  2. Orientasi adalah bagian yang menjelaskan mengenai pengenalan tokoh dan berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan.
  3. Peristiwa dan Masalah
  4. Bagian peristiwa atau kejadian adalah suatu bagian yang isinya mengenai sebuah kejadian atau peristiwa yang pernah dialami tokoh tersebut, termasuk yang memuat tentang masalah yang pernah dihadapi dalam mencapai cita-cita dan tujuannya. Berisi tentang hal-hal menarik, mengharukan, mengesankan, dan mengagumkan yang pernah dialami tokoh.
  5. Reorientasi
  6. Reorientasi adalah bagian penutup. Reorientasi berisi tentang pandangan si penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional.
Itulah pengertian biografi, ciri-ciri biografi, dan struktur teks biografi.

Post a Comment