Sejarah Bahasa Indonesia, Fungsi, dan Perkembangannya, Lengkap!

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang kemudian dijadikan bahasa persatuan dan bahasa resmi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia pada awalnya diresmikan pada saat setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu satu hari setelahnya, bersamaan dimulainya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa kerja.

Dilihat dari sudut pandang linguistik, pada awalnya sejarah bahasa Indonesia adalah ragam dari bahasa Melayu. Adapun dasar yang digunakan adalah bahasa Melayu Riau (Kepulauan Riau) abad ke-19. Nama "Bahasa Indonesia" diawali sejak Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, yang bertujuan untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" jika nama bahasa Melayu dipakai. Proses tersebut membuat terjadinya perbedaan Bahasa Indonesia yang sekarang dengan varian bahasa Melayu di Riau dan Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang tetap hidup dan menghasilkan kata-kata baru, baik itu melalui penciptaan atau penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.

Bahasa Indonesia dituturkan dan dipahami lebih dari 90% warga Indonesia, akan tetapi bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu untuk kebanyakan para penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia memakai salah satu dari 748 bahasa yang terdapat dan tumbuh di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia sering memakai versi sehari-hari atau kolokial ataupun mencampuradukkannya dengan dialek Melayu yang lainnya atau bahasa ibunya.

Sejarah Bahasa Indonesia

Meskipun begitu, Bahasa Indonesia digunakan yang memiliki cakupan yang sangat luas di berbagai perguruan, media massa, sastra, dan sebagainya. Sehingga dapat dikatakan Bahasa Indonesia telah digunakan semua warga Indonesia. Tata bahasa dan fonologi Bahasa Indonesia yang dianggap relatif mudah. Sehingga dasar-dasar penting yang dipakai untuk berkomunikasi dapat dipelajari dalam beberapa minggu saja.

Terdapat 4 faktor bahasa Melayu yang kemudian diangkat menjadi bahasa Indonesia:
1) Bahasa melayu menjadi lingua franca bagi bangsa Indonesia, bahasa perhubungan, dan bahasa perdagangan.
2) Suku Jawa, Sunda, dan berbagai suku yang lainnya dengan sukarela menerima bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia yang kemudian digunakan sebagai bahasa nasional.
3) Bahasa Melayu mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang sangat luas.
4) Sistem bahasa Melayu yang relatif sederhana, sehingga dapat dengan mudah dipelajari karena bahasa melayu tidak mengenal tingkatan bahasa.

Sejarah Perkembangan EYD
Sejarah Perkembangan EYD
Ejaan yaitu aturan atau cara menulis kata-kata dengan memakai huruf menurut disiplin ilmu bahasa. Dengan adanya ejaan ini diharapkan para pemakai dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan benar sesuai aturan. Sehingga dapat terbentuk kalimat dan kata yang dapat digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Sesuai dengan apa yang telah terjadi tentang penyempurnaan-penyempurnaan ejaan dalam sejarah bahasa Indonesia yang terdiri dari :
  1. Ejaan van Ophuijsen
    Ejaan van Ophuijsen merupakan ejaan bahasa Melayu dengan huruf Latin. Charles Van Ophuijsen dibantu oleh Moehammad Taib Soetan Ibrahim dan Nawawi Soetan Ma’moer dalam menyusun ejaan baru pada tahun 1896. Pedoman tata bahasa yang dikenal sebagai ejaan van Ophuijsen resmi diakui pemerintah kolonial Belanda tahun 1901. Adapun ciri-ciri ejaan van Ophuijsen antara lain :
      1) Menggunakan ï untuk membedakan huruf i yang digunakan sebagai akhiran dan pengganti huruf y.
      2) Menggunakan huruf oe sebagai pengganti u dalam kata-kata seperti : tidoer, goeroe, boeang, soeka, boeloe, dan sebagainya.
      3) Menggunakan huruf j sebagai pengganti huruf y dalam kata-kata seperti : jang, sajang, dan sebagainya.
      4) Menggunakan diakritik seperti petik satu yang digunakan sebagai pengganti huruf k seperti : pa’, ma’moer, dan sebagainya.

  2. Ejaan Soewandi
    Ejaan Soewandi merupakan ejaan dari sejarah bahasa Indonesia yang berlaku pada 17 Maret 1947. Ejaan Soewandi menggantikan ejaan van Ophuijsen. Ejaan Soewandi berlaku sampai tahun 1972, yang kemudian digantikan dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) oleh menteri Mashuri Saleh yang menjabat pada masa itu. Pada 23 Mei 1972 menteri Mashuri mengesahkan EYD dan menggantikan Ejaan Soewandi. Sebagai menteri, Mashuri Saleh menandai dengan pergantian ejaan dengan mengganti nama jalan yang berada di depan kantor departemennya, dari Djl. Tjilatjap menjadi Jl. Cilacap. Adapaun ciri-ciri ejaan Soewandi antara lain :
      1) Penggunaan petik satu yang dipakai untuk bunyi sentak yang kemudian diganti dengan huruf k seperti : sentak, tidak, dan sebagainya.
      2) Huruf oe sudah tidak digunakan lagi dan digantikan dengan huruf u.
      3) Tidak terdapat perbedaan awalan menggunakan di- dengan kata depan di.
      4) Dapat memakai angka 2 untuk kata yang diulang, seperti : jalan2, makan2, dan sebagainya.
  3. Ejaan Yang Disempurnakan
    Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan dari sejarah bahasa Indonesia yang berlaku pada tahun 1972. Ejaan Yang Disempurnakan menggantikan ejaan Soewandi. Tanggal 23 Mei 1972, sebuah pernyataan bersama yang ditandatangani Tun Hussien Onn (Menteri Pelajaran Malaysia) dan Mashuri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia). Dengan pernyataan bersama tersebut bahwa didalamnya mengandung persetujuan untuk melakukan asas-asas yang sebelumnya disepakati oleh ahli-ahli kedua negara tersebut tentang Ejaan Yang Disempurnakan serta Ejaan Baru. Tanggal 16 Agustus 1972, berdasarkan Keputusan Presiden No. 57, Tahun 1972, diberlakukan sistem ejaan Latin yang digunakan untuk bahasa Melayu dan bahasa Indonesia. Adapun ciri-ciri ejaan yang disempurnakan antara lain :
      1) Menggunakan huruf c untuk menggantikan huruf tj seperti : cacing, contoh, cantik, dan sebagainya.
      2) Menggunakan huruf kh untuk menggantikan huruf ch.
      3) Menggunakan huruf j untuk menggantikan huruf Dj seperti: juta, jual, jati, jalan, dan sebagainya.
      4) Perubahan dari awalnya penulisan nj menjadi ny.
      5) Perubahan dari sj menjadi sy.
      6) Perubahan huruf j menjadi y.


Perkembangan Bahasa Indonesia Masa Reformasi
Munculnya bahasa pers atau bahasa Media Massa :
    1) Penggunaan bahasa asing atau istilah dalam surat kabar yang semakin banyak.
    2) Jumlah kata-kata singkatan yang bertambah.
Pers memiliki jasa yang besar dalam sejarah bahasa Indonesia yang memperkenalkan istilah-istilah, ungkapan, serta kata-kata baru, seperti : provokator, konspirasi, arogan, KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), hujat, kroni, rekonsiliasi, proaktif, dan sebagainya.

Kedudukan Bahasa Indonesia

Kedudukan Bahasa Indonesia
  1. Sebagai Bahasa Nasional
    Kedudukan bahasa Indonesia yang diperoleh sudah sejak awal kelahirannya, yaitu tanggal 28 Oktober 1928. Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan. Bahasa Indonesia mempunyai beberapa fungsi bahasa Indonesia, antara lain :
      1) Lambang identitas (jati diri).
      2) Sebagai alat penghubung antardaerah dan antarbudaya. 3) Sebagai alat pemersatu di berbagai kalangan masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan sosial-budaya serta macam-macam bahasa daerah yang berbeda-beda.
      4) Lambang kebanggaan bangsa Indonesia.

  2. Sebagai Bahasa Resmi
    Kedudukan bahasa Indonesia ini mempunyai dasar yuridis konstitusional, yaitu pada Bab XV pasal 36 UUD 1945. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan mempunyai beberapa fungsi bahasa Indonesia, antara lain :
      1) Bahasa resmi negara.
      2) Bahasa resmi dalam pemanfaatan ilmu dan teknologi serta pengembangan kebudayaan.
      3) Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan pelaksanaan dan perencanaan pembangunan serta pemerintahan.
      4) Dipakai sebagai bahasa pengantar resmi dalam lembaga pendidikan.


Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia
1. Fungsi Bahasa Indonesia Baku :
    1) Pemersatu : bahasa Indonesia digunakan dalam hubungan sosial antar manusia.
    2) Penanda kepribadian : bahasa Indonesia dapat untuk mengungkapkan jati diri dan perasaan.
    3) Menambah wibawa : bahasa Indonesia memiliki fungsi untuk menjaga komunikasi yang santun.
    4) Kerangka acuan : bahasa Indonesia mempunyai tindak tutur yang terkontrol.

2. Secara umum fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi tulis maupun lisan. Menurut Santoso, dkk. bahasa adalah suatu alat komunikasi yang memiliki fungsi antara lain :
    1) Fungsi informasi : bahasa dapat mengungkapkan perasaan.
    2) Fungsi ekspresi diri : mendapatkan perlakuan terhadap sesama anggota masyarakat.
    3) Fungsi adaptasi dan integrasi : bahasa memiliki keterkaitan hubungannya dengan sosial.
    4) Fungsi kontrol sosial : bahasa memiliki fungsi untuk mengatur tingkah laku.

3. Hallyday (1992) berpendapat bahwa fungsi bahasa yang dipakai sebagai alat komunikasi untuk kebutuhan :
    1) Fungsi instrumental : bahasa digunakan untuk memperoleh sesuatu.
    2) Fungsi heuristik : bahasa dapat menemukan dan belajar sesuatu.
    3) Fungsi personal : bahasa dapat berinteraksi dengan orang lain.
    4) Fungsi regulatoris : bahasa dapat mengendalikan perilaku orang lain.
    5) Fungsi intraksional : bahasa dapat digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain.
    6) Fungsi representasional : bahasa dapat digunakan untuk menyampaikan informasi.
    7) Fungsi imajinatif : bahasa dapat menciptakan dunia imajinasi.


Perkembangan Bahasa Indonesia
Perkembangan Bahasa Indonesia
  1. Tahun 1908 pemerintah kolonial Belanda membangun suatu badan penerbit buku bacaan yang diberi nama Commissie voor de Volkslectuur (Taman Bacaan Rakyat). Pada tahun 1917 kemudian diubah menjadi Balai Pustaka. Badan penerbit buku bacaan tersebut menerbitkan banyak buku, seperti buku penuntun bercocok tanam, Siti Nurbaya, dan sebagainya yang dapat membantu penyebaran bahasa Melayu.
  2. Tanggal 16 Juni 1927 Jahja Datoek Kajo menggunakan bahasa Indonesia dalam pidatonya. Hal tersebut adalah pertamakalinya di sidang Volksraad, terdapat seseorang yang berpidato menggunakan bahasa Indonesia.
  3. Tanggal 28 Oktober 1928 Muhammad Yamin secara resmi mengusulkan agar bahasa Melayu dapat digunakan sebagai bahasa persatuan Indonesia.
  4. Tahun 1933 berdirinya angkatan sastrawan muda yaitu Pujangga Baru yang dipimpin oleh Sutan Takdir Alisyahbana.
  5. Pada tahun 1936 Sutan Takdir Alisyahbana menyusun Tatabahasa Baru Bahasa Indonesia.
  6. Tanggal 25-28 Juni 1938 diselenggarakan atau dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia I di Solo. Dari hasil Kongres Bahasa Indonesia I dapat disimpulkan bahwa usaha pengembangan serta pembinaan bahasa Indonesia dilakukan secara sadar oleh para cendekiawan dan budayawan Indonesia pada saat itu.
  7. Tanggal 18 Agustus 1945 ditandatangani UUD 1945, yaitu pada pasal 36 yang menetapkan bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa negara.
  8. Tanggal 19 Maret 1947 diresmikan mengenai penggunaan ejaan Republik untuk menggantikan ejaan Van Ophuijsen.
  9. Tanggal 28 Oktober - 2 November 1954 dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia II di kota Medan. Hasil dari Kongres Bahasa Indonesia II tersebut adalah perwujudan tentang tekad bangsa Indonesia untuk terus menyempurnakan bahasa Indonesia yang kemudian diangkat menjadi bahasa kebangsaan dan ditetapkan menjadi bahasa negara Indonesia.
  10. Tanggal 16 Agustus 1972 Presiden Republik Indonesia yaitu Presiden Soeharto yang meresmikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) pada saat pidato kenegaraan di depan sidang DPR dan dikuatkan dengan terbitnya Keputusan Presiden No. 57 tahun 1972.
  11. Pada tanggal 31 Agustus 1972 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu menetapkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah yang resmi untuk diberlakukan di Indonesia (Wawasan Nusantara).
  12. Tanggal 28 Oktober - 2 November 1978 dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia III di Jakarta. Kongres Bahasa Indonesia III dilaksanakan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda ke-50. Selain telah memperlihatkan adanya perkembangan, pertumbuhan, dan kemajuan bahasa Indonesia, juga telah berusaha memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia.
  13. Tanggal 21-26 November 1983 diselenggarakan Kongres Bahasa Indonesia IV di Jakarta. Kongres tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-55. Adapun dalam putusannya tersebut disebutkan bahwa pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia harus lebih ditingkatkan sehingga amanat yang tercantum dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN), yang mewajibkan kepada warga negara Indonesia untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.
  14. Tanggal 28 Oktober - 3 November 1988 dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia V di Jakarta. Kongres tersebut dihadiri oleh sekitar 700 pakar bahasa Indonesia yang berasal dari seluruh Indonesia dan terdapat peserta tamu dari negara-negara sahabat. Kongres Bahasa Indonesia V tandatangani dengan dipersembahkannya suatu karya dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa kepada pencinta bahasa Indonesia di seluruh Nusantara, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
  15. Tanggal 28 Oktober - 2 November 1993 dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia VI di Jakarta. Kongres Bahasa Indonesia VI dihadiri oleh 770 pakar bahasa yang berasal dari Indonesia dan 53 peserta tamu dari mancanegara. Kongres Bahasa Indonesia VI mengusulkan agar Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa ditingkatkan statusnya menjadi Lembaga Bahasa Indonesia serta mengusulkan supaya disusun Undang-Undang Bahasa Indonesia.
  16. Tanggal 26-30 Oktober 1998 dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia VII di Jakarta, tepatnya di Hotel Indonesia. Kongres Bahasa Indonesia VIi diselenggarakan untuk mengusulkan dibentuknya Badan Pertimbangan Bahasa.

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia telah mengukuhkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia secara konstitusional menjadi bahasa nasional. Sampai saat ini bahasa Indonesia sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia, baik di tingkat pusat atau daerah.

Kesimpulan :
1) Sumber terciptanya bahasa Indonesia adalah bahasa melayu.
2) Secara sosiologis, bahasa Indonesia secara resmi digunakan sebagai bahasa persatuan sejak pada tanggal 28 Oktober 1928. Namun, secara yuridis Bahasa Indonesia di akui setelah kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945.
3) Bahasa Melayu kemudian diangkat menjadi bahasa Indonesia, karena bahasa melayu sudah dipakai sebagai bahasa pergaulan atau lingua franca di seluruh nusantara dan bahasa Melayu yang sederhana sehingga dapat dengan mudah dipelajari dan tidak terdapat adanya tingkatan bahasa.

Itulah artikel yang membahas tentang sejarah bahasa Indonesia, kedudukan bahasa Indonesia, dan fungsi bahasa Indonesia. Sejarah bahasa Indonesia merupakan suatu sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk menetapkan eksistensinya di mata negara-negara lain di dunia.

Perjuangan bangsa Indonesia untuk membuat bahasa Indonesia menjadi bahasa Nasional bukanlah perkara mudah, mengingat pada saat itu negara Indonesia sempat dijajah berkali-kali, dan hal tersebut dapat mengubah cara pengejaan kata demi kata walaupun tidak signifikan.

Post a Comment