Virus yang Menguntungkan dan Merugikan Makhluk Hidup

Virus yang Menguntungkan

Terdapat beberapa virus yang menguntungkan dan memiliki peran pada bidang rekayasa genetika. Virus dapat dimanfaatkan untuk kloning gen, yaitu dengan produksi ADN yang identik secara genetis, sehingga dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Contoh jenis virus yang menguntungkan antara lain :

  1. Virus yang dapat digunakan dalam membuat hormon insulin, untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus. Merupakan salah satu keuntungan virus dalam bidang kedokteran.
  2. Virus yang dapat mengendalikan serangga perusak tubuh tanaman. Virus ini dapat digunakan untuk membasmi hama tanaman dan bermanfaat dalam bidang pertanian.

  3. Virus yang Menguntungkan
  4. Virus untuk terapi gen. Terapi gen adalah suatu upaya untuk menyembuhkan penyakit keturunan yang disebabkan karena adanya pewarisan gen.







Virus yang Merugikan

Virus yang Merugikan
Terdapat beberapa virus yang merugikan, antara lain :

Virus yang merugikan manusia :

  1. HIV (Human Immunodeficiency Virus)
  2. HIV merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). HIV/AIDS menyerang sel-sel darah putih limfosit T. Adapun gejalanya adalah seperti gabungan dari gejala beberapa jenis penyakit lainnya, hal ini disebabkan karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  3. Virus Ebola (Ebola Virus)
  4. Virus Ebola merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit ebola. Penyakit ebola adalah penyakit yang sangat mematikan. Virus ebola dapat menyerang sel-sel pertahanan tubuh. Adapun gejalanya adalah demam yang disertai dengan adanya pendarahan.
  5. Virus Hepatitis (Hepatitis Virus)
  6. Virus Hepatitis adalah virus yang dapat menyebabkan hepatisis B. Virus hepatitis menyerang sel-sel hati, sehingga mengakibatkan perut membesar dan tubuhnya menjadi berwarna kuning.
  7. Measles Virus
  8. Measles virus adalah virus yang dapat menyebabkan cacar. Measles virus menyerang sel kulit sehingga menimbulkan gejala awal seperti pilek, demam, kemudian muncul luka cacar.

  9. Herpes Simplex Virus
  10. Herpes simplex virus dapat menyebabkan herpes. Herpes Simplex Virus dapat menyerang membran mukus (lendir) pada mulut, alat kelamin, dan kulit. Gejalanya dimulai dengan kulit memerah dan muncul bintil-bintil seperti luka melepuh.
  11. Human Papilomavirus
  12. Human papilomavirus dapat menyebabkan kutil. Human papilomavirus menyerang sel-sel kulit sehingga dapat menyebabkan kanker. Gejalanya dimulai dengan munculnya benjolan pada kulit.
  13. Adeno Virus
  14. Adeno virus menyebabkan gangguan sistem respirasi serta tumor rahim. Gejalanya dimulai dengan perut menjadi sakit seperti saat menstruasi dan timbul benjolan pada rahim.
  15. Mumps Virus
  16. Mumps virus dapat menyebabkan gondong. Mumps virus menyerang kelenjar parotis, sehingga menimbulkan radang atau bengkak pada rahang.
  17. Orthomycovirus
  18. Orthomycovirus dapat menyebabkan influenza. Gejalanya dimulai dengan sesak nafas, panas tinggi, keluar lendir yang terjadi pada rongga hidung, nafsu makan menjadi berkurang, pusing, batuk, dan demam.
  19. Polio Virus
  20. Polio virus merupakan penyebab penyakit polio. Virus tersebut menyerang sel-sel pada sistem saraf pusat yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kelumpuhan.


Virus yang merugikan pada hewan :

  1. Rous Sacroma Virus (RSV)
  2. Rous sacroma virus dapat menyebabkan tumor yang terjadi pada ayam.
  3. Rhabdovirus
  4. Rhabdovirus menyerang sistem syaraf pada hewan seperti anjing, kucing, kera yang dapat menyebabkan penyakit rabies. Penyakit tersebut dapat menular ke manusia dengan melalui gigitan hewan yang telah terkena rabies.
  5. Paramyxovirus
  6. Paramyxovirus menyebabkan penyakit NCD (New Castle Disease), menyerang sistem syaraf yang terjadi pada unggas seperti ayam. Penyakit tersebut sering disebut dengan penyakit tetelo atau parrot fever. Gejala penyakitnya adalah mencret dan batuk-batuk.
  7. Bovine Papilo Virus
  8. Bovine papilo virus menyebabkan tumor pada sapi.


Virus yang merugikan pada tanaman :

  1. Virus Mosaik Tembakau (Tobacco Mosaic Virus)
  2. Virus Mosaik Tembakau adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit mosaik pada daun tembakau. Gejalanya seperti timbulnya bercak-bercak berwarna kuning pada daun tembakau, sehingga menghambat pertumbuhan daun tembakau tersebut.
  3. Virus Tungro
  4. Virus tungro adalah virus yang menyerang batang dan akar padi. Virus tungro dapat menyebabkan padi menjadi kerdil dan virus ini dapat ditularkan melalui serangga seperti wereng hijau dan wereng coklat.
  5. Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)
  6. Virus CPVD dapat mengakibatkan penyakit degenerasi (penyakit tumor) pada daun dan batang jeruk. Virus CPVD dapat menyerang sistem pembuluh floem pada tanaman jeruk.

Itulah beberapa virus yang menguntungkan dan virus yang merugikan pada makhluk hidup.

Post a Comment