Pengertian Badan Golgi, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi, Lengkap!

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi dapat disebut dengan Aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom yang merupakan organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan strukturnya yang dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

Badan golgi terdapat dihampir semua sel eukariotik dan banyak dijumpai di organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi, seperti ginjal. Setiap sel pada hewan memiliki 10 hingga 20 badan Golgi, sedangkan sel tumbuhan mempunyai badan golgi hingga ratusan. Badan Golgi yang terdapat pada tumbuhan disebut dengan diktiosom. Badan Golgi pertama kali ditemukan oleh ahli histologi dan patologi yang berkebangsaan Italia bernama Camillo Golgi.

Pengertian badan golgi adalah suatu organel terbesar yang terdapat pada sitoplasma. Badan Golgi mempunyai bentuk kantung pipih yang bertumpuk serta tersusun dari ukuran besar sampai kecil (mempunyai panjang sekitar 1 - 3 mikrometer dan lebar 0,5 mikrometer) serta terikat oleh membran. Bentuk badan golgi yang terdapat pada sel hewan dan juga sel tumbuhan relatif mempunyai bentuk yang sama. Badan golgi tersebar diseluruh sitoplasma dan berhubungan satu sama lain sehingga badan golgi membentuk struktur kompleks seperti jala.

Pengertian Badan Golgi

Badan golgi berfungsi sebagai tempat mengubah enzim dari bentuk yang tidak aktif ke bentuk yang aktif. Badan golgi juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara protein dan zat lainnya yang berasal dari Retikulum Endoplasma. Zat-zat tersebut dibungkus dalam vesikel atau kantong membran, kemudian mengirimnya ke membran plasma. Selain itu, badan golgi juga memiliki tanggung jawab terhadap pembentukan lisosom.

Badan Golgi tersusun dari 5 sampai 20 kantong pipih. Pada umumnya, badan golgi terdapat di sel-sel sekretori (seperti pankreas). Badan golgi mempunyai jumlah yang bervariasi menurut fungsi, tahap pertumbuhan sel, dan tipe. Misalnya pada saat pembentukan dinding sel baru, sel tumbuhan mungkin memiliki banyak badan Golgi, Khususnya pada daerah sekitar dinding sel. Badan Golgi dapat menghasilkan vesikel-vesikel yang mengandung materi-materi penyusun dinding sel. Pada sel hewan, kejadian yang sama terjadi saat pembentukan hormon. Masing-masing sel dapat memiliki ribuan badan Golgi.

Struktur Badan Golgi

Struktur Badan Golgi Struktur badan Golgi yaitu berupa berkas kantung yang berbentuk seperti cakram yang bercabang serta menjadi serangkaian pembuluh kecil di ujungnya. Hal ini karena badan golgi mempunyai hubungan erat dengan fungsi pengeluaran sel, pembuluh membungkus dan mengumpulkan karbohidrat serta zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh tersebut menyumbang bahan-bahan yang berguna untuk pembentukan dinding sel.

Badan golgi dibangun oleh membran yang mempunyai bentuk vesikula dan tubulus. Dari tubulus tersebut, kemudian dilepaskan kantung-kantung berukuran kecil yang berisi bahan-bahan yang dibutuhkan seperti enzim–enzim pembentuk dinding sel.

Pengertian badan golgi merupakan bagian sel yang hampir mirip dengan Retikulum Endoplasma. Hanya saja, badan golgi sendiri terdiri dari berlapis ruangan yang ditutupi oleh membran. Badan golgi memiliki 2 bagian, yaitu bagian cis dan trans. Bagian cis dapat menerima vesikel yang pada umumnya berasal dari REK (Retikulum Endoplasma Kasar). Vesikel tersebut diserap ke ruangan-ruangan yang ada dalam badan golgi dan isi dari vesikel akan diproses guna penyempurnaan dan sebagainya.

Ruangan tersebut bergerak dari cis ke trans. Pada bagian tersebut ruangan-ruangan akan memecahkan dirinya serta membentuk vesikel dan disalurkan ke bagian-bagian sel lainnya atau ke luar sel.

Fungsi Badan Golgi

Fungsi Badan Golgi Fungsi badan golgi antara lain:
  1. Berfungsi untuk menyortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel.
  2. Membentuk akrosom pada spermatozoa, yang berisi enzim yang berfungsi untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom.
  3. Tempat yang berfungsi untuk memodifikasi protein.
  4. Membentuk dinding sel pada tumbuhan.
  5. Membentuk vesikula atau kantung-kantung yang memiliki fungsi untuk sekresi. Terjadi pada sel-sel kelenjar kantung kecil yang berisi enzim dan bahan-bahan lainnya.
  6. Badan golgi berfungsi membentuk membran plasma. Membran golgi atau vesikula sama seperti membran plasma. Kantung-kantung yang dilepaskan menjadi bagian dari membran plasma.
Dalam badan golgi juga terdapat berbagai variasi coated vesicle, antara lain :

Cathrin-coated adalah yang pertama yang ditemukan dan diteliti. Clathrin-coated tersusun atas adaptin dan clathrin. Interaksi lateral antara adaptin dengan clatrin adalah untuk membentuk formasi tunas. Apabila tunas clathrin tersebut tumbuh, maka protein yang larut di dalam sitoplasma termasuk dynamin yang akan membentuk cincin di setiap leher tunas dan juga memutusnya.

COPI-coated memaket tunas dari bagian pre-golgi dan antar cisternae. Beberapa dari protein COPI-coat akan memperlihatkan sekuens yang mempunyai kemiripan dengan adaptin, hal tersebut di duga berasal dari evolusi yang bermiripan. COPII-coated memaket tunas dari RE (Retikulum Endoplasma).

Terdapat 2 protein yang ada di dalam badan golgi. T-snare adalah protein yang terdapat ditarget sedangkan V-snare adalah vesikel snare. V-snare mencari T-snare, kemudian berfusi menjadi satu. Protein Rab termasuk golongan GTP-ase. Protein Rab berfungi memudahkan dan mengatur kecepatan pelayaran vesikel serta pemasangan v-snare dan T-snare yang digunakan pada penggabungan membran.

Itulah artikel yang membahas tentang pengertian badan golgi, struktur, dan fungsi badan golgi.

Post a Comment