Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi dan Manfaat Internet, Lengkap!

Pengertian Internet

Pengertian InternetPengertian internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan memakai standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite atau yang dapat disebut dengan TCP/IP. TCP/IP digunakan sebagai protokol pertukaran paket guna melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet terbesar dinamakan Internet. Adapun cara menghubungkan rangkaian yang dengan menggunakan kaidah ini disebut dengan internetworking (antarjaringan).






Sejarah Internet

Sejarah Internet

Sejarah internet. Pengertian internet adalah jaringan komputer yang sebelumnya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969, dengan melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET. ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana caranya hardware dan software komputer yang mempunyai basis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak terhingga dengan melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi yang dapat dipindahkan dan sekarang semua standar yang telah mereka tentukan menjadi cikal bakal dalam pembangunan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP.

Tujuan awal dari proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu ARPANET dibuat sebagai sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer yang terdapat pada daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah-masalah jika terjadi serangan-serangan seperti serangan nuklir dan guna menghindari informasi yang terpusat, apabila terjadi perang pada daerah tersebut yang dapat mudah dihancurkan.

Awalnya ARPANET hanya dapat menghubungkan 4 situs, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan ARPANET telah diperkenalkan pada Oktober 1972. Proyek ARPANET berkembang sangat pesat di seluruh daerah serta semua universitas ingin bergabung dengan ARPANET, sehingga hal ini membuat ARPANET kesulitan dalam mengaturnya.

Oleh sebab itu, ARPANET kemudian pecah menjadi dua, yaitu MILNET yang digunakan untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil digunakan untuk keperluan non-militer. Gabungan dari kedua jaringan tersebut kemudian dikenal dengan DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Internet pada saat ini

Internet pada saat ini
Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral serta spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan mengenai perpindahan data antara rangkaian). Adapun protokol-protokol tersebut dibentuk berdasarkan adanya perbincangan dengan Internet Engineering Task Force (IETF). Badan tersebut mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari data RFC dijadikan sebagai Standar Internet, oleh Badan Arsitektur Internet. Protokol Internet yang saat ini digunakan seperti IP,TCP, UDP, SMTP, Telnet, LDAP, SSL, FTP, HTTP, HTTPS, DNS, IMAP, dan lain sebagainya.

Fasilitas-Fasilitas di Internet

Internet sering disebut dengan jagat raya informasi yang menyajikan fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati oleh para penggunanya. Berikut fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengguna internet, antara lain :
  1. World Wide Web (WWW)
  2. World Wide Web (WWW)
    World Wide Web (WWW) adalah sistem yang terdapat pada internet yang memiliki tugas untuk melakukan pencarian sekaligus pemberian informasi dengan menggunakan teknologi hypertext. Untuk membuat hypertext, diciptakanlah bahasa pemrograman yaitu Hyper Text Markup Language (HTML).

    HTML berfungsi untuk mengikat alamat WWW atau file yang terdapat dalam sebuah dokumen yang pada umumnya ber-extention *.htm atau *.html. Untuk mengirimkan file tersebut, dibutuhkan protokol pengiriman data yang spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Untuk dapat menemukan setiap hubungan hypertext, dibutuhkan Uniform Resource Locator (URL).

    World Wide Web sering disalahartikan sebagai internet secara keseluruhan, meskpiun sebetulnya hanyalah sebagian dari internet yang dalam cakupan lebih luas. WWW merupakan bagian yang paling menarik dari internet. Pengguna dapat mengakses bermacam-macam media seperti suara, gambar, animasi, video melalui WWW. Dengan mengklik link, pengguna internet dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.
  3. Email
  4. Email
    Email adalah pesan atau surat elektronik yang dapat dikirimkan dan diterima antar pengguna komputer. Email dapat memungkinkan seorang individu untuk mengirimkan pesan ke individu yang lainnya dengan waktu cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja. Pada saat ini perkembangan email sangat pesat, email sekarang sudah tidak hanya berisi teks saja. Kita juga dapat melampirkan bermacam-macam file multimedia seperti animasi, foto, video, dan gambar.

    Email sama pentingnya dengan nomor telepon pribadi. Email dapat dibagaikan sebagai sebuah tanda pengenal yang harus ditunjukkan di dunia maya di berbagai tempat, seperti apabila ingin membuat media sosial (facebook, twitter, dsb), alat berkomunikasi, atau berlangganan website tertentu. Terdapat banyak layanan-layanan email yang dapat digunakan oleh para pengguna internet, mulai dari Gmail (Google Mail) yang memberikan keuntungan ruang penyimpanan besar hingga Yahoo Mail, Windows Live Mail, atau AOL Mail.
  5. Mailing List
  6. Mailing List
    Mailing List adalah sebuah discussion group yang ada di internet. Untuk menjadi anggota mailing list, kita harus terlebih dahulu mengirimkan email ke subscription address serta menunggu konfirmasi persetujuan dari moderator mailing list tersebut. Pada umumnya, anggota mailing list saling bertukar pendapat, informasi, dan sebagainya.

    Terdapat dua jenis mailing list, yaitu announcement-type list yang tipe komunikasi berlaku satu arah dan anggotanya tidak dapat membalas pesan tersebut, dan discussion-type list yang anggota-anggotanya dapat menerima dan mengirimkan informasi ke sesama anggota.

    Adapun media-media yang menyediakan layanan mailing list yaitu Google (groups.google.com) dan Yahoo (groups.yahoo.com). Untuk menjadi anggota mailing list tersebut, tentunya para pengguna harus memiliki akun email di layanan penyedia mailing list tersebut.
  7. BBS
  8. BBS
    Bulletin Board System (BBS) adalah pusat layanan informasi yang menyediakan macam-macam informasi dari bidang-bidang tertentu seperti bidang sosial, teknologi, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas ini, para pengguna dapat bertukar pikiran pada topik-topik tertentu. Pada umumnya, pengguna yang mengakses Bulletin Board System (BBS) dapat mengunggah atau mengunduh berita dari pengguna lain dengan mudah.

    Bulletin Board System (BBS) atau dalam istilah bahasa Indonesia dikenal nama sistem papan buletin, mengalami masa puncak popularitasnya pada tahun 1970 sampai pertengahan 1990. BBS menjadi cikal bakal terbentuknya WWW, yang seiring dengan perjalanan waktu semakin sedikit penggunanya karena popularitas WWW. Meskipun begitu, hingga saat ini terdapat beeberapa pengguna yang beranggapan bahwa BBS lebih tertata dan lebih efisien dibandingkan WWW serta terdapat beberapa orang yang masih setia untuk menggunakan BBS.
  9. Chatting
  10. Chatting
    Chatting adalah percakapan antara dua pengguna atau lebih secara realtime yang memanfaatkan jaringan internet. Bagi para pengguna komputer yang telah melengkapi perangkatnya dengan webcam, mereka dapat chatting dengan melihat wajah pengguna lain yang sedang di ajak chatting.

    Semakin dengan berkembangnya jaringan internet, fasilitas chatting pun menjadi semakin mudah. Jika dahulu perlu melengkapi komputer besar dengan webcam untuk mengobrol dan chatting, maka kini layanan chatting menjadi semakin mewabah dengan kehadiran aplikasi-aplikasi yang didukung internet, seperti LINE, KakaoTalk, Whatsapp, dan lain sebagainya yang dapat diunduh melalui smartphone. Tiap detik, terdapat jutaan orang yang kini berkomunikasi dengan orang lain melalui layar komputer dan smartphone.
  11. Newsgroup
  12. Newsgroup
    Sama halnya dengan mailing list, newsgroup merupakan salah satu discussion group yang terdapat di internet. Untuk mengakses newsgrup, pengguna memerlukan jaringan komputer khusus yang disebut dengan UseNet. Biasanya, setiap newsgroup diatur dengan berdasarkan satu topik umum yang kemudian dibagi-bagi menjadi sub-sub topik dibawahnya.

    Yang menjadi daya tarik newsgroup adalah terdapat pengelompokan tentang topik-topik yang dibahas. Pengelompokan tersebut dikenal dengan hierarki “The Big Eight”, yang mana memuat 8 topik utama yang paling banyak dibahas di newsgroup. Seperti hirarki comp.* merupakan tanda yang digunakan untuk mendiskusikan tentang komputer, sci.* sebagai tanda yang digunakan untuk mendiskusikan tentang ilmu pengetahuan, rec.* sebagai tanda untuk mendiskusikan tentang hiburan (recreation).
  13. FTP
  14. FTP
    File Transfer Protocol (FTP) adalah layanan internet berfungsi untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan server yang ada di internet. Kita dapat melakukan upload dan download sebuah file antara komputer yang satu dengan komputer lain yang terhubung internet. FTP biasanya dimanfaatkan untuk wahana pendukung yang sangat dibutuhkan untuk pertukaran ataupun penyebarluasan sebuah file dengan melalui internet. Dengan adanya File Transfer Protocol (FTP), kita dapat mengupload dan mendownload musik, game, software, dokumen, atau file-file lainnya.

    Untuk berbagi data dengan FTP, dibutuhkan dua pihak, yaitu server FTP serta klien FTP. Server FTP berfungsi untuk merespon berbagai macam perintah yang diajukan oleh klien FTP. Pada saat klien ingin mengubah salah satu file dengan cara mendownload, menghapus, atau menambahkan unggahan file, klien harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari server FTP. Server FTP dapat diakses dengan URL yang formatnya seperti : ftp://namaserver.
  15. Gopher
  16. Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk keperluan pencarian, distribusi, atau pengambilan suatu dokumen dengan melalui internet. Pada awalnya, gopher dibuat untuk menjadi suatu alternatif pilihan selain World Wide Web (WWW), namun gopher gagal dalam mencapai popularitas.

    Hampir serupa dengan WWW, gopher cukup unggul pada hierarki yang lebih kuat untuk menyimpan berbagai jenis informasi di dalamnya. Dengan struktur hierarki yang seperti ini, Gopher secara khusus dapat dimanfaatkan sebagai platform untuk koneksi perpustakaan elektronik. Hingga saat ini, masih terdapat beberapa pengguna Gopher. Server skala kecil juga masih menggunakan Gopher dan menganggap sistem Gopher lebih efisien, terorganisir, dan lebih cepat.


Fungsi dan Manfaat Internet

Dibalik kemudahan dalam menggunakan internet dan memiliki banyak fasilitas-fasilitas penunjang, internet juga memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh sebagai pengguna internet. Berikut fungsi dan manfaat internet :
  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
  2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
    Dengan internet, kita dapat menjadi pribadi yang lebih tahu tentang wawasan-wawasan serta pengetahuan di berbagai bidang. Terutama bagi seorang pelajar, internet dapat mempermudah dalam mencari informasi-informasi yang ada hubungannya dengan pelajaran yang sedang dipelajari. Pelajar juga dapat menambah pengetahuan mereka dan melihat video-video di Youtube yang dapat mempermudah dan menunjang pendidikan. Terdapat banyak video edukasi di Youtube dan dapat mendownload video-video tersebut sehingga video tersebut dapat ditonton pada saat offline.

    Asalkan terhubung dengan jaringan internet, kini orang dapat belajar dengan mudah. Misalnya apabila Anda ingin belajar tentang bahasa asing, Anda dapat mengakses situs duolingo.com. Jika ingin belajar mengenai topik-topik yang dibahas di bangku kuliah, Anda dapat mengakses situs Khan Academy. Begitu juga dengan belajar tentang coding komputer, Anda dapat membuka Code Academy yang dapat membantu Anda dalam belajar coding.
  3. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
  4. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
    Dengan perkembangan internet yang semakin pesat sehingga membuat komunikasi antar individu menjadi cepat dan mudah. Kita dapat untuk berkomunikasi dengan orang luar negeri sekalipun dan dengan biaya yang relatif murah. Sekarang juga sudah banyak jejaring sosial seperti Twitter, Facebook yang dapat digunakan untuk berkenalan dan mencari teman baru. Tidak sedikit dari mereka yang chatting dengan kerabat mereka dengan menggunakan jejaring sosial.

    Bandingkan pada saat beberapa puluh tahun silam sebelum terdapat internet. Untuk mengobrol dengan orang yang jauh, paling tidak kita harus mengunjungi wartel untuk menyewa telewon sehingga dapat berkomunikasi dengan orang tersebut. Belum lagi dengan biaya yang jika dilakukan semakin lama, maka semakin mahal pula harganya. Namun, saat ini dengan adanya internet, komunikasi dengan orang lain menjadi semakin murah dan mudah dengan aplikasi-aplikasi yang terdapat di PC atau smartphone.
  5. Mudahnya Belanja di Internet
  6. Mudahnya Belanja di Internet
    Seiring dengan banyaknya pengguna internet, semakin banyak pula orang yang tertarik untuk belanja online. Hingga saat ini, banyak orang yang lebih suka untuk belanja online karena dianggap lebih efisien dan mudah. Adapun keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu untuk keluar rumah membeli barang yang dibutuhkan. Selain itu, pada saat jam kerja yang sibuk, belanja online menjadi pilihan terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita waktu.

    Biasanya pedagang-pedagang online sering menjual barangnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan barang yang dijual di toko atau mall. Masuk akal juga sebenarnya, karena membuka toko online tidak memerlukan biaya besar untuk sewa tempat yang cukup mahal. Pembeli dan penjual pun sama-sama diuntungkan dengan belanja online seiring perkembangan internet hingga saat ini. Yang di jual di toko online pun sekarang tidak hanya menjual barang-barang seperti sepatu, pakaian, dan tas, bahkan sekarang ini kita juga dapat untuk memesan makanan dengan cara membuka aplikasi yang terhubung internet.
  7. Internet sebagai Hiburan
  8. Internet sebagai Hiburan

    Internet dapat bermanfaat sebagai “Penghibur” bagi yang sedang gelisah memikirkan sesuatu. Anda dapat menghibur diri sendiri dengan mengakses situs-situs seperti streaming video, jejaring sosial, mendengarkan musik, atau main game online. Untuk mendengarkan musik misalnya, para pengguna internet dapat memanfaatkan situs-situs seperti Youtube atau Spotify. Jejaring sosial yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun di waktu senggang melalui internet.

    Dengan berbagai jenis jejaring sosial hingga saat ini, bahkan hal sederhana seperti like atau komentar yang berasal dari seseorang mengenai hal-hal yang kita posting pun dapat menjadi hiburan, bahwa disana terdapat seseorang yang peduli dan menyukai hal-hal yang kita bagikan. Bermain game online juga dapat dilakukan untuk menghibur diri Anda sendiri, terdapat layanan game online seperti Steam, Garena, dan lain sebagainya.
  9. Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
  10. Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
    Dengan internet, kita dapat berbagi apapun yang kita punya, seperti berbagai pengalaman, resep, tutorial, dan sebagainya melalui media sosial atau blog pribadi yang kita miliki. Sampai saat ini banyak orang yang lebih menyukai untuk memakai blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka punya. Terdapat banyak platform yang dapat kita gunakan seperti Blogger, Wordpress, Tumblr, dan lain sebagainya.

    Tidak hanya melalui blog saja, bahkan seiring dengan perkembangan internet yang semakin mewadahi para penggunanya untuk berbagai yang spesifik. Seperti kumpulan resep masakan, di internet Anda dapat berbagi resep melalui Cookpad. Ketika sedang berjalan-jalan pun, rasanya belum lengkap jika belum berbagi kebahagiaan dengan cara memposting beberapa foto ke sosial media seperti Instagram, check in di Path, berkomentar tentang hal-hal menarik di Twitter, dan update status di Facebook.
  11. Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan
  12. Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan
    Selain mudahnya dalam mencari informasi di internet, Anda juga dapat mencari lowongan-lowongan pekerjaan yang tersebar di internet dengan mudah. Internet menjadi wadah tersendiri untuk mendapatkan pekerjaan dengan melalui berbagai situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

    Para perekrut calon karyawan biasanya melakukan riset tentang diri Anda di internet, seperti melalui LinkedIn yang dapat memuat CV seseorang secara online serta melalui pemikiran-pemikiran di akun media sosial dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu tampilkan citra baik di internet.

    Adapun situs-situs yang dapat digunakan dalam mencari lowongan pekerjaan adalah Qerja, Jobstreet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan kini hampir setiap universitas mempunyai situs karirnya sendiri yang selalu update tentang berbagai lowongan pekerjaan yang ada guna memudahkan para alumninya.
  13. Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis
  14. Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis
    Internet juga dapat dimanfaatkan dalam bidang bisnis, sehingga sekarang banyak para pelaku bisnis yang menggunakan internet untuk menunjang bisnis mereka. Banyak orang yang menemukan manfaat-manfaat internet untuk bisnis mereka. Bahkan terdapat bisnis online dimana peran internet menjadi bisnis utama.

    Dengan adanya internet, maka orang-orang kreatif menjadi lebih dihargai serta dapat memanfaatkan kekreatifannya tersebut untuk dijadikan bisnis. Misalnya Anda jago dalam membuat video yang mungkin disukai banyak orang, Anda dapat mengupload video tersebut ke YouTube dan daftarkan akun Anda pada Google Adsense yang dapat membayar Anda setiap kali terdapat orang yang mengklik iklan pada video Anda. Bisnis online lainnya juga masih banyak lagi yang dapat Anda tekuni. Seperti berjualan online di Tokopedia, Bukalapal, dan lain sebagainya. Menawarkan jasa untuk mengajar dalam berbagai hal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dampak Positif Internet

Dengan adanya internet, terdapat banyak dampak positif yang didapatkan oleh para penggunanya, antara lain :
  1. Memangkas Jarak dan Waktu
  2. Memangkas Jarak dan Waktu
    Kehadiran internet dapat membuat segalanya menjadi lebih efisien dan mudah, jarak dan waktu pun juga dapat dipangkas untuk mengerjakan lebih banyak aktivitas. Sehingga sekarang orang tidak perlu lagi untuk menghabiskan waktunya terlalu banyak untuk membuka kamus, karena sekarang sudah terdapat kamus online atau aplikasi kamus yang dapat di download di smartphone Anda. Selain itu, sekarang sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak menjalin silaturahim karena sekarang menelepon seseorang menjadi murah dan mudah.
  3. Mempererat Hubungan Antar Manusia
  4. Mempererat Hubungan Antar Manusia
    Dengan semakin mudahnya dalam menjadi komunikasi dengan melalui internet, sekarang setiap orang menjadi lebih mudah untuk menjalin pertemanan. Teman-teman baru menjadi bertambah banyak, teman-teman yang sudah lama atau lost contact pun dapat ditemukan kembali dengan melalui internet. Sekarang sudah tidak relevan lagi untuk menanyakan kabar, karena setiap orang pada umumnya sudah proaktif untuk memberitakan kabarnya dengan melalui sosial media yang dimilikinya.
  5. Mempermudah Urusan Manusia di Berbagai Hal
  6. Mempermudah Urusan Manusia di Berbagai Hal
    Internet sekarang memiliki dampak dengan semakin mudahnya dalam berbagai macam urusan manusia, mulai dari menemukan orang yang mempunyai hobi sama, mengobrol dengan teman atau kerabat, berdagang, bisnis online, hingga mencari jodoh juga dapat dilakukan. Apalagi sekarang sudah tersedia jasa ojek online seperti Gojek, Grab, dan sebagainya yang memudahkan Anda dalam menjadi aktivitas di bidang transportasi.
  7. Menambah Lapangan Kerja Baru
  8. Menambah Lapangan Kerja Baru
    Pada saat ini bekerja tidak lagi harus di kantor. Dengan internet, seseorang dapat memiliki profesi apapun yang dapat menghasilkan uang, seperti menjadi youtuber, blogger, admin sosial media online shop, desainer website, dan sebagainya. Setiap orang kini dapat mempromosikan dirinya sendiri untuk direkrut oleh orang lain melalui internet. Sehingga hal ini menjadi dampak positif untuk menambah lapangan kerja baru.
  9. Individu yang Lebih Berkembang
  10. Individu yang Lebih Berkembang
    Internet seperti ‘memaksa’ manusia untuk terus berkembang atau tergerus oleh perkembangan zaman. Adanya keterampilan yang mungkin saja dapat didapatkan melalui macam-macam tutorial yang tersebar di internet, begitu pula dengan pembelajaran tentang hal-hal baru. Orang pun sekarang menjadi lebih percaya diri dalam berbagi dengan orang lain tentang berbagai macam hal yang terjadi dalam hidupnya, karya-karya tertentu, atau pemikiran.

Dampak Negatif Internet

Setiap dampak positif selalu dibarengi dengan dampak negatif. Terdapat beberapa hal berikut yang menjadi dampak negatif internet yang perlu kita dicegah, antara lain :
  1. Mudah Tersebarnya Informasi Palsu
  2. Mudah Tersebarnya Informasi Palsu
    Informasi palsu (HOAX) dibuat oleh orang-orang tertentu yang bertujuan untuk menakut-nakuti orang lain, menjelek-jelekkan pihak tertentu, dan sebagainya. Sebetulnya cukup mudah mendeteksi HOAX yang masuk dalam broadcast pesan, namun beberapa orang cenderung langsung mempercayai dan membagikan info tersebut yang belum dipastikan kebenarannya.
  3. Mudahnya Peredaran Barang-Barang Terlarang
  4. Mudahnya Peredaran Barang-Barang Terlarang
    Tidak hanya barang-barang online shop yang semakin mudah untuk ditemukan pembeli, dengan adanya internet juga dapat memfasilitasi peredaran barang-barang terlarang seperti senjata ilegal, obat-obatan terlarang, narkoba, dan barang ilegal yang lainnya.
  5. Mengecilnya Ruang Privasi
  6. Mengecilnya Ruang Privasi
    Internet dapat membuat seseorang menjadi semakin dimudahkan untuk mencari tahu urusan orang lain atau bahkan ikut mencampuri dan menghakimi. Hal tersebut dapat berdampak pada semakin kecilnya ruang privasi seseorang. Bagi sebagian orang, privasi bukan menjadi hal penting, namun ada juga sebagian orang yang tidak suka privasinya dicampuri orang lain, oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan internet.
  7. Meningkatnya Risiko Pertengkaran dengan Orang Lain
  8. Meningkatnya Risiko Pertengkaran dengan Orang Lain
    Seperti pada saat pemilu dengan dua calon pemimpin, hampir dipastikan banyak warganet yang ikut berlomba-lomba mempromosikan calon pemimpin yang didukungnya dengan berbagai cara, termasuk cara-cara negatif seperti menghina dan menjelekkan calon pemimpin lain. Adanya perbedaan pilihan tentang suatu hal mudah sekali menjadi pemicu pertengkaran dengan orang lain.
  9. Berdampak pada Kesehatan Manusia
  10. Berdampak pada Kesehatan Manusia
    Terlalu asyik dalam menggunakan internet dan membuat seseorang menjadi lupa waktu dan mengabaikan kesehatannya sendiri. Terdapat cukup banyak penyakit yang dapat timbul dengan kebiasaan buruk seperti ini, contohnya penyakit mata yang dapat membuat mata minus, punggung tidak tegap, hingga sakit badan karena posisi duduk yang terlalu lama menghadap layar komputer.
  11. Melemahnya Hak Cipta Akan Suatu Karya
  12. Di zaman yang semakin mudah dalam penyebaran informasi, terkadang hak cipta suatu karya pun diabaikan. Baik itu karya berupa buku, musik, dan film, terdapat orang-orang yang bekerja keras di belakangnya. Tentunya dengan usaha yang keras dalam menciptakan suatu karya tersebut maka akan merasa sakit jika karyanya dibajak dan disebarluaskan tanpa hak yang didapat oleh kreator.

Pencegahan Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Internet


Para pengguna internet dapat dengan mudah untuk mendapatkan dampak positif yang diberikan oleh adanya internet, namun berbeda dengan dampak negatif yang membutuhkan penanganan lebih lanjut agar tidak membawa keburukan bagi para penggunanya. Berikut pencegahan terhadap dampak negatif penggunaan internet, antara lain :
  1. Hindari Langsung Membagikan Info yang Kurang Jelas Kebenarannya
  2. Hindari Langsung Membagikan Info yang Kurang Jelas Kebenarannya
    Apabila terdapat info yang kurang jelas kebenarannya walaupun terdapat kalimat persuasif “sebarkan atau orang terdekat Anda dalam bahaya”, “membagikan pesan ini dapat menambah pahala”, dsb. Meskipun pesan-pesan tersebut berasal dari orang yang Anda percayai, namun alangkah baiknya untuk hindari langsung dalam membagikan info apabila belum dipastikan kebenarannya. Jika sempat, Anda dapat mencoba untuk melakukan pencarian dengan melalui mesin pencari seperti Google, apakah berita atau info tersebut memang benar atau hanya dibuat oleh seseorang yang iseng untuk mencari sensasi.
  3. Bersosialisasi dengan Cerdas di Internet
  4. Bersosialisasi dengan Cerdas di Internet
    Salah satu hal yang harus Anda hindari di internet adalah mendapatkan musuh, baik itu karena terdapat perbedaan pikiran satu saama lain atau hal-hal lainnya. Berbagai konten negatif yang terdapat di internet memang akan selalu bermunculan, namun janganlah membalas konten tersebut dengan sesuatu yang negatif pula. Alangkah baiknya untuk mengimbanginya dengan berkata-kata yang sopan di internet, tidak menjelek-jelekkan, dan berusaha berkepala dingin apabila terlibat dalam diskusi.
  5. Berhati-Hati dalam Membeli Sesuatu
  6. Berhati-Hati dalam Membeli Sesuatu
    Pastikan terlebih dahulu bahwa barang yang ingin Anda beli bukanlah barang ilegal atau barang palsu yang dijual dengan harga yang mahal. Berhati-hati jika terdapat penjual di toko online yang menipu Anda, untuk transaksi jual-beli alangkah baiknya untuk menggunakan rekening bersama seperti yang terdapat dalam marketplace (misal Bukalapak atau Tokopedia) untuk menghindari penipuan tersebut.
  7. Berhenti Mengakses Internet di Jam Tertentu
  8. Berhenti Mengakses Internet di Jam Tertentu
    Alangkah baiknya untuk mengganti beberapa jam tersebut untuk berjalan-jalan, berolahraga, menggerakkan tubuh, atau apapun yang membuat Anda tidak duduk diam terlalu lama. Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan.
  9. Usahakan Menikmati Sesuatu yang Bukan Bajakan
  10. Usahakan Menikmati Sesuatu yang Bukan Bajakan
    Mendengarkan musik dapat dilakukan melalui internet dengan cara yang legal, seperti melalui Spotify. Hindari untuk menonton film secara ilegal seperti yang terdapat di berbagai situs yang tidak mempedulikan hak cipta si pembuat konten dan biasanya hanya bertujuan untuk mendapatkan uang atau keuntungan diri sendiri dari iklan-iklan yang ada di situs tersebut.

    Usahakan selalu menghargai karya-karya orang lain baik itu yang terdapat pada internet. Apabila Anda ingin mengutip sesuatu untuk dijadikan caption pada Instagram atau status pada Facebook, alangkah baiknya untuk mencantumkan nama orang yang pertama kali mengatakan hal tersebut.

Itulah artikel mengenai pengertian internet, sejarah internet, fungsi dan manfaat internet.

Post a Comment