Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya Lengkap!

Pengertian Sistem Operasi

Suatu komputer pasti tidak lepas dari yang namanya sistem operasi. Lalu, apakah pengertian sistem operasi? Pengertian sistem operasi komputer adalah perangkat lunak (software) yang bertujuan untuk mengontrol dan melakukan manajemen terhadap perangkat keras (hardware) dan operasi-operasi dasar pada sistem tersebut, termasuk menjalankan software. Apabila terdapat komputer yang tidak memiliki sistem operasi, maka pengguna tidak dapat menjalankan program-program aplikasi yang ada pada komputer itu sendiri, kecuali program booting.

Dalam bahasa Inggris, sistem operasi disebut operating system (OS). Pengertian sistem operasi komputer merupakan software yang terletak pada lapisan utama dan perangkat lunak (software) tersebut yang pertama kali diletakkan dalam memori pada saat komputer dihidupkan. Memori komputer yaitu harddisk.
Pengertian Sistem Operasi

Setelah sistem operasi pada komputer berjalan, maka aplikasi-aplikasi yang terdapat didalamnya dapat dijalankan. Salah satu fungsi sistem operasi adalah melakukan layanan inti umum yang bertujuan untuk menjalankan software yang ada didalamnya. Karena software-software yang terdapat di dalam komputer dilayani oleh sistem operasi, maka software tersebut tidak perlu melakukan pekerjaan inti umum. Adapun layanan inti umum yang dimaksud adalah user interface, manajemen memori, menjadwalkan beberapa aplikasi pemrograman secara bersamaan, dan memberi akses ke disk.

Bagian-Bagian Sistem Operasi

Bagian-Bagian Sistem Operasi
Sistem operasi komputer biasanya terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
1) Mekanisme Boot yaitu meletakkan suatu kernel ke dalam memori.
2) Kernel adalah inti dari sistem operasi.
3) Driver yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan hardware eksternal lainnya serta mengontrol hardware tersebut.
4) Pustaka-pustaka bertugas menyediakan berbagai macam fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil software lain.
5) Command Interpreter atau shell mempunyai tugas membaca input pengguna.

Fungsi Sistem Operasi

Fungsi Sistem Operasi
Fungsi sistem operasi adalah sebagai penghubung atau jembatan antara lapisan software dengan lapisan hardware dan menjalankan berbagai jenis perintah penting dalam komputer. Fungsi sistem operasi yang lainnya yaitu menjamin software berjalan lancar. Selain itu fungsi sistem operasi komputer yaitu menjamin program atau software lainnya dalam menggunakan memori, mempunyai akses ke sistem file yang pada komputer, dan melakukan input dan output. Berikut penjelasan mengenai fungsi sistem operasi :
  1. Mengatur kinerja perangkat keras dan lunak
    Software tidak dapat bekerja apabila tidak ada sistem yang dapat menghubungkannya dengan hardware. Hardware seperti hardisk, CPU, dan memori RAM akan mendukung kerja dari aplikasi yang sedang dijalankan jika terdapat sistem operasi yang mengatur kedua perangkat tersebut.
  2. Menjalankan sistem dasar
    Sistem operasi berfungsi sebagai pengatur kinerja dari awal, yang artinya bahwa apabila OS tidak berfungsi dapat dipastikan semua program tidak dapat berjalan dengan baik dan hanya mesin luar yang bekerja. Apabila terjadi kerusakan, maka fatal akibatnya, hal ini karena sistem operasi dari awal tidak dapat dijalankan.
  3. Sebagai Interface
    Tampilan di monitor dan gadget adalah hasil kerja dari sistem operasi komputer. Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi untuk menjalankan programnya dan memberikan tampilan yang menarik bagi pengguna. Semua bahasa dan data diterjemahkan oleh sistem operasi sehingga dapat tercipta tampilan angka, gambar, dan grafik yang apik. Kinerjanya dapat memudahkan dalam memahami program tanpa kesulitan menerjemahkan bahasa pemrograman aplikasi terlebih dahulu.
  4. Tempat bagi Aplikasi
    Aplikasi di gadget atau komputer berada di sistem operasi itu sendiri. Hal inilah yang menjadikan software tersebut dapat bekerja. Atau dapat diibaratkan OS sebagai lantai untuk meletakkan program-program yang hanya dapat berjalan apabila sistem operasi bekerja. Selain untuk memastikan bahwa proses berjalan dengan baik, sistem operasi juga bertugas untuk mengatur kerja aplikasi agar tidak membebani hardware.
  5. Mengatur kerja perangkat komputer
    Sistem komputer atau gadget terdapat puluhan program-program yang berjalan. Apabila tidak diatur maka sistem komputer kerjanya akan berat dan tidak sesuai dengan pengertian sistem operasi yang sudah dijelaskan diatas. Oleh sebab itu, sistem operasi mengatur semua fungsi agar dapat berjalan berurutan sehingga perangkat tidak rusak. Apabila terdapat error yang terjadi itu disebabkan karena sistem bekerja terlalu keras yang mengakibatkan down.
  6. Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer
    Sistem operasi berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan hardware dan software. Contoh : pemanggilan data dalam memori harddisk, mengatur waktu berfungsinya CPU, dan mengatur waktu yang dipakai untuk koneksi dalam terminal.
  7. Melindungi dan mengawasi jalannya fungsi program
    Sistem operasi memungkinkan user mempunyai hak mengakses komputer dalam menjalankan program serta mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses program tersebut atau fungsi Gate Keeper. Sistem operasi tidak hanya mengendalikan user mengakses program, sistem operasi juga berfungsi untuk mengawasi segala hal yang dilakukan oleh user dalam mengakses sistem program yang ada di dalam komputer.


Contoh Sistem Operasi

Contoh Sistem Operasi
Terdapat beberapa sistem operasi di dunia. Berikut penjelasan mengenai contoh sistem operasi :
  1. Windows
    Windows adalah contoh sistem operasi yang sering digunakan saat ini. Sistem operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem operasi Windows menggunakan user interface atau tampilan antar muka bergrafis atau Graphical User Interface (GUI). Dulunya Windows termasuk jenis Ms-Dos. Ms-Dos merupakan sistem operasi yang menggunakan Command-Line interpreter.
  2. Linux
    Linux merupakan sistem operasi yang berbasis pada standar sistem operasi yaitu POSIX serta merupakan turunan UNIX.
  3. Macintosh
    Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan oleh komputer khusus, yaitu computer Macintosh. Sistem operasi Macintosh dibuat oleh perusahaan Apple. Karena sistem operasi Macintosh dirancang khusus, hal ini yang membuat Macintosh tidak cocok digunakan pada komputer berbasis IBM. Macintosh adalah sistem operasi yang pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).
  4. Symbian Symbian dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian merupakan sistem operasi yang dirancang untuk peralatan bergerak, seperti handphone.
  5. Android Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer dan banyak dikenal. Android adalah sistem operasi khusus yang dirancang untuk ponsel dan pada dasarnya sistem operasi Android adalah OS linux yang dikembangkan.
  6. Solaris Solaris merupakan sistem Operasi berdasarkan dengan UNIX system. Solaris sendiri dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystems. Solaris terkenal karena kestabilannya, terlebih pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). Sistem operasi Solaris sudah disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun di awal pengembangan sistem operasi Solaris berdasarkan kepemilikan pribadi, kode dasarnya Solaris kebanyakan adalah Software OpenSource yang sekarang dikenal OpenSolaris.
  7. Chrome OS
    Chrome OS adalah suatu sistem operasi yang dibuat Google. Chrome OS mempunyai keunggulan yaitu sistem operasi yang sangat ringan dan berbasis Linux serta standard web PC. Google Chrome bekerja dengan memakai metode switching atau Multi-Tasking, Windowing. Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan dari software di browser berbasis OS.

Itulah pengertian sistem operasi, contoh sistem operasi, dan fungsi sistem operasi. Pengertian sistem operasi merupakan software yang memiliki peranan penting dalam sebuah komputer. Sistem operasi juga mempunyai peran dalam mengendalikan user. User atau pengguna memang mempunyai akses dalam mengoperasikan semua program yang ada dalam komputer tersebut.

Namun, apabila tidak dilakukan pengendalian dan pengawasan maka akan terjadi kerusakan yang membuat terhambatnya proses. Oleh karena itu terdapat beberapa program yang tidak dapat diakses oleh pengguna dan berada di pengawasan OS.

Post a Comment