Pengertian Modem, Fungsi Modem, Jenis-Jenis Modem, Lengkap!

Di era globalisasi yang semakin maju dengan dilengkapi dengan jangkauan luas terhadap layanan-layanan untuk mengakses internet ke seluruh Indonesia, pasti sering mendengar kata "Modem". Pengertian modem merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

Selain itu, pada era yang semakin maju ini kebutuhan akan sebuah barang menjadi faktor penting dalam mendukung berkembangnya upaya untuk mencapai tujuan. Dengan adanya barang yang menjadi kebutuhan pokok itulah yang memungkinkan agar tujuan dapat tercapai dan tidak terkecuali kebutuhan pada alat kecil namun sangat berguna bagi kita seperti modem.

Pengertian Modem, Fungsi Modem, Jenis-Jenis Modem, Lengkap!
Dengan modem inilah yang berpengaruh terhadap kinerja yang memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan dalam mengakses internet, sehingga pekerjaannya menjadi lebih mudah untuk dikerjakan. Oleh sebab itu, berikut pengertian modem.

Pengertian Modem

Pengertian Modem

Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem Internal
Modem Internal
Pengertian modem merupakan penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem adalah salah satu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat-perangkat komunikasi jarak jauh dua arah biasanya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti Microwave Radio dan lain sebagainya, namun istilah modem dikenal sebagai perangkat keras yang dipakai untuk keperluan komunikasi pada komputer.

Modem Eksternal
Modem Eksternal
Data yang berasal dari komputer dan berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem yang kemudian akan diubah menjadi sinyal analog, ketika modem tersebut menerima data luar berupa sinyal analog, maka modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital supaya dapat untuk diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog dapat dikirimkan dengan menggunakan media-media telekomunikasi seperti radio, telepon.

Pada saat tiba di modem tujuan, sinyal analog tersebut kemudian diubah menjadi sinyal digital dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat 2 jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal. Untuk lebih lengkapnya, berikut fungsi modem.

Fungsi Modem

Pada intinya, fungsi modem adalah hardware yang mempunyai fungsi untuk komunikasi dua arah yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya lalu mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju.

Komputer mengirimkan informasi berbentuk sinyal digital. Tapi informasi yang melalui saluran telepon harus ditransmisikan terlebih dahulu ke bentuk sinyal analog. Untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga digunakanlah modem yang dapat mengubah sinyal digital ke sinyal analog. Sinyal analog yang dibawa melalui saluran telepon. Ketika sinyal tersebut sampai ke komputer lain, sinyal analog lalu diubah lagi ke bentuk digital oleh modem. Untuk lebih lengkapnya, berikut fungsi modem.
    Fungsi Modem
  1. Melakukan modulasi dan demodulasi
  2. Menghubungkan perangkat dalam sebuah jaringan
  3. Melakukan komunikasi dan pemeriksaan paket data
  4. Mengkompresi data dikirim melalui sinyal
  5. Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya




Jenis-Jenis Modem

Berikut jenis-jenis modem :
  1. Modem ISDN
  2. Modem ISDN
    ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah sistem telekomunikasi yang memiliki suatu layanan antara data, gambar, dan suara yang diintegrasikan ke jaringan, yang mana menyediakan konektivitas digital dari ujung menuju ujung untuk menunjang ruang lingkup pelayanan yang luas. Para pengguna ISDN ini diberikan keuntungan yaitu adanya fleksibilitas dan lebih hemat biaya, karena biaya yang dipakai untuk sistem terintegrasi tersebut jauh lebih murah dibandingkan menggunakan sistem yang sifatnya terpisah.
  3. Modem GSM
  4. Modem GSM
    Modem GSM adalah salah satu jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem GSM dapat dipakai diseluruh kartu koneksi provider-provider apapun asalkan sifatnya GSM.
  5. Modem Analog
  6. Modem Analog
    Modem yang dapat membuat dari bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital
  7. Modem ADSL
  8. Modem ADSL
    Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) adalah modem yang dapat digunakan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersama-sama. Caranya terbilang cukup mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut Splitter. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Tidak disarankan untuk mencabangkan line modem ADSL dengan suara secara langsung. Terdapat alat yang bernama Splitter yang berfungsi untuk menghilangkan gangguan pada saat menggunakan ADSL modem. Dengan menggunakan Splitter, maka keduanya dapat berjalan secara bersamaan, sehingga penggunanya dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan menggunakan telepon biasa. Pengguna juga dapat terkoneksi dengan internet yang melalui ADSL modem.
  9. Modem Kabel
  10. Modem Kabel
    Modem kabel adalah salah satu jenis modem yang dapat untuk menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel.
  11. Modem CDMA
  12. Modem CDMA
    Modem CDMA adalah modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Yang terbaru saat ini menggunakan frekuensi EVDO Rev-A atau setara dengan 3G dan teknologi CDMA yang terbaru adalah EVDO Rev-B.

Kesimpulannya adalah modem merupakan perangkat keras yang berguna sebagai alat berkomunikasi dua arah. Itulah pengertian modem, fungsi modem, dan jenis-jenis modem.

Post a Comment